Home Afrika‘Hutan keramat’ etiopia utara

‘Hutan keramat’ etiopia utara

‘Hutan keramat’ etiopia utara

www.selfinjuryforo.com – Sekelompok anak sedang mendengarkan cerita di bawah naungan pohon juniper Afrika di hutan gereja kecil dekat Debre Tabor di Ethiopia utara. Tiga wanita berjalan di sepanjang jalan, suara obrolan mereka menembus pepohonan lebat ketika kelompok kami yang terdiri dari 12 orang, jelas-jelas orang asing, mendekat.

Ketika anak-anak melihat kami di tepi hutan, mereka berlari di sepanjang jalan berdebu, melompati dinding batu yang rendah, merunduk di bawah cabang-cabang dan mendekati kami dengan rasa ingin tahu. Saya bergabung dengan sekelompok peneliti yang dipimpin oleh ahli ekologi Dr Catherine Cardelús dari Universitas Colgate di negara bagian New York dan Bernahu Tsegay dari Universitas Bahir Dar, Ethiopia yang berada di sini untuk belajar tentang ekologi hutan. Sementara itu, anak-anak sudah menjadi pakar. Mereka tahu setiap inci tempat itu; tumbuh di pohon-pohon ini, ini adalah satu-satunya hutan yang pernah mereka lihat.

Saya berada di ‘hutan keramat’, lebih dari 1.000 di antaranya tersebar di lanskap dalam kisi yang nyaris sempurna, masing-masing melindungi gereja tradisional Ortodoks Ethiopia di pusatnya. Rumpun pohon kecil dan rapi ini, masing-masing berjarak sekitar 2 km dari yang berikutnya, memastikan bahwa penduduk setempat tidak pernah jauh dari hutan yang begitu mengakar dalam kehidupan sosial dan spiritual mereka. Mereka digunakan sebagai pusat komunitas, tempat pertemuan dan sekolah; untuk upacara keagamaan, tempat pemakaman dan bahkan kamar mandi; dan memberikan satu-satunya warna untuk mil. Meskipun beberapa hutan keramat cukup mudah diakses, seperti hutan pulau di Danau Tana yang dapat dikunjungi dengan tur perahu setengah hari dari kota Bahir Dar, di pedesaan, lanskap pegunungan Gondar Selatan, sebelah timur Bahir Dar, tempat saya sekarang adalah, hutan gereja bisa lebih sulit ditemukan.

Setiap titik hijau menonjol di lanskap karena mereka adalah satu-satunya pohon yang tersisa di negara yang mengalami deforestasi luas. Beberapa hutan berumur lebih dari 1.000 tahun, dan pohon-pohon berharga ini telah dihindarkan berkat konservasi bayangan – konservasi sebagai produk sampingan dari pengelolaan agama. Tetapi mereka kecil dan terancam oleh perambahan jalan, bangunan dan ladang petani. Paradoksnya, manusia sama-sama melindungi mereka namun menimbulkan ancaman terbesar bagi masa depan mereka.

Seorang imam muncul di tepi hutan dan mendengarkan ketika penerjemah kami menjelaskan bahwa kami di sini untuk mempelajari lebih lanjut tentang hubungan antara penduduk setempat dan hutan yang mereka sembah. Dia mengangguk, dan kami mengikutinya di sepanjang jalan berdebu menuju keteduhan hutan, meninggalkan panas berkilau ladang petani di belakang.

Hutan rata-rata hanya memiliki lima lapangan sepak bola, jadi hanya butuh beberapa menit untuk berjalan dari tepi luar ke gereja di tengah. Seluruh hutan terdiri dari cincin pohon yang membentuk bentuk donat di sekitar pembukaan tengah. Sebuah dinding batu mengelilingi lapangan terbuka dan sebuah gereja bundar duduk di tengah dengan salib hiasan di atasnya, warna-warna nasional – merah, kuning dan hijau – dengan berani menguraikan atap. Saya kemudian mengetahui bahwa jarak simbolis antara gereja dan tembok ini secara tradisional digambarkan sebagai ‘40 lengan panjang malaikat jauhnya ’.

Pastor itu menjelaskan bahwa hutan itu sakral karena masing-masing rumah memiliki tabot di tengah-tengah gereja, yang dianggap sebagai replika Tabut Perjanjian yang asli. Kesucian tabot memancar keluar dari pusat, sehingga semakin dekat dengan gereja, semakin sakral ruang. Hal yang sama berlaku untuk pohon – mereka dilihat sebagai ‘pakaian’ untuk gereja, bagian dari gereja itu sendiri, yang mengapa hanya cincin kecil pohon – yang terdekat dengan gereja – telah dilindungi, menciptakan hutan kecil dengan ladang mendorong sampai ke tepi.

Namun, hutan kecil lebih rentan terhadap gangguan manusia dan alam, dan kawasan ini telah mengalami deforestasi besar-besaran selama beberapa dekade terakhir. Saat ini, hanya sekitar 5% dari Ethiopia yang tertutup hutan, dibandingkan dengan sekitar 45% sekitar seabad yang lalu. Meskipun sebagian besar pohon-pohon di antara hutan yang telah lenyap, hutan keramat juga terpengaruh secara tidak langsung.

Namun, sementara hutan tidak kuat, Cardelús mengatakan bahwa mereka juga tidak terdegradasi sebanyak yang mereka takutkan. Beberapa paroki mengambil langkah langsung untuk meningkatkan kesehatan hutan dengan menambahkan dinding batu rendah di sekeliling hutan luar untuk mencegah ternak masuk untuk merumput. Dan itu sedikit membantu, memungkinkan komunitas bibit yang lebih kaya tumbuh.

Menjelang sore, kebaruan kami sebagai pengunjung tampaknya hanya berkurang sebagian. Seorang gembala, masih membawa tongkatnya, membentak kami dengan ponsel flipnya. Cardelús berterima kasih kepada pastor, dan sekali lagi, anak-anak ikut. Seorang bocah lelaki mengeluarkan seruling buatan tangan dan, seperti piper pai, dia membawa kami keluar dari hutan dan kembali melintasi ladang untuk menjerit tawa dari teman-temannya.

Sekelompok anak sedang mendengarkan cerita di bawah naungan pohon juniper Afrika di hutan gereja kecil dekat Debre Tabor di Ethiopia utara. Tiga wanita berjalan di sepanjang jalan, suara obrolan mereka menembus pepohonan lebat ketika kelompok kami yang terdiri dari 12 orang, jelas-jelas orang asing, mendekat.

Ketika anak-anak melihat kami di tepi hutan, mereka berlari di sepanjang jalan berdebu, melompati dinding batu yang rendah, merunduk di bawah cabang-cabang dan mendekati kami dengan rasa ingin tahu. Saya bergabung dengan sekelompok peneliti yang dipimpin oleh ahli ekologi Dr Catherine Cardelús dari Universitas Colgate di negara bagian New York dan Bernahu Tsegay dari Universitas Bahir Dar, Ethiopia yang berada di sini untuk belajar tentang ekologi hutan. Sementara itu, anak-anak sudah menjadi pakar. Mereka tahu setiap inci tempat itu; tumbuh di pohon-pohon ini, ini adalah satu-satunya hutan yang pernah mereka lihat.

Saya berada di ‘hutan keramat’, lebih dari 1.000 di antaranya tersebar di lanskap dalam kisi yang nyaris sempurna, masing-masing melindungi gereja tradisional Ortodoks Ethiopia di pusatnya. Rumpun pohon kecil dan rapi ini, masing-masing berjarak sekitar 2 km dari yang berikutnya, memastikan bahwa penduduk setempat tidak pernah jauh dari hutan yang begitu mengakar dalam kehidupan sosial dan spiritual mereka. Mereka digunakan sebagai pusat komunitas, tempat pertemuan dan sekolah; untuk upacara keagamaan, tempat pemakaman dan bahkan kamar mandi; dan memberikan satu-satunya warna untuk mil. Meskipun beberapa hutan keramat cukup mudah diakses, seperti hutan pulau di Danau Tana yang dapat dikunjungi dengan tur perahu setengah hari dari kota Bahir Dar, di pedesaan, lanskap pegunungan Gondar Selatan, sebelah timur Bahir Dar, tempat saya sekarang adalah, hutan gereja bisa lebih sulit ditemukan.

Setiap titik hijau menonjol di lanskap karena mereka adalah satu-satunya pohon yang tersisa di negara yang mengalami deforestasi luas. Beberapa hutan berumur lebih dari 1.000 tahun, dan pohon-pohon berharga ini telah dihindarkan berkat konservasi bayangan – konservasi sebagai produk sampingan dari pengelolaan agama. Tetapi mereka kecil dan terancam oleh perambahan jalan, bangunan dan ladang petani. Paradoksnya, manusia sama-sama melindungi mereka namun menimbulkan ancaman terbesar bagi masa depan mereka.

Seorang imam muncul di tepi hutan dan mendengarkan ketika penerjemah kami menjelaskan bahwa kami di sini untuk mempelajari lebih lanjut tentang hubungan antara penduduk setempat dan hutan yang mereka sembah. Dia mengangguk, dan kami mengikutinya di sepanjang jalan berdebu menuju keteduhan hutan, meninggalkan panas berkilau ladang petani di belakang.

Hutan rata-rata hanya memiliki lima lapangan sepak bola, jadi hanya butuh beberapa menit untuk berjalan dari tepi luar ke gereja di tengah. Seluruh hutan terdiri dari cincin pohon yang membentuk bentuk donat di sekitar pembukaan tengah. Sebuah dinding batu mengelilingi lapangan terbuka dan sebuah gereja bundar duduk di tengah dengan salib hiasan di atasnya, warna-warna nasional – merah, kuning dan hijau – dengan berani menguraikan atap. Saya kemudian mengetahui bahwa jarak simbolis antara gereja dan tembok ini secara tradisional digambarkan sebagai ‘40 lengan panjang malaikat jauhnya ’.

Pastor itu menjelaskan bahwa hutan itu sakral karena masing-masing rumah memiliki tabot di tengah-tengah gereja, yang dianggap sebagai replika Tabut Perjanjian yang asli. Kesucian tabot memancar keluar dari pusat, sehingga semakin dekat dengan gereja, semakin sakral ruang. Hal yang sama berlaku untuk pohon – mereka dilihat sebagai ‘pakaian’ untuk gereja, bagian dari gereja itu sendiri, yang mengapa hanya cincin kecil pohon – yang terdekat dengan gereja – telah dilindungi, menciptakan hutan kecil dengan ladang mendorong sampai ke tepi.

Namun, hutan kecil lebih rentan terhadap gangguan manusia dan alam, dan kawasan ini telah mengalami deforestasi besar-besaran selama beberapa dekade terakhir. Saat ini, hanya sekitar 5% dari Ethiopia yang tertutup hutan, dibandingkan dengan sekitar 45% sekitar seabad yang lalu. Meskipun sebagian besar pohon-pohon di antara hutan yang telah lenyap, hutan keramat juga terpengaruh secara tidak langsung.

Namun, sementara hutan tidak kuat, Cardelús mengatakan bahwa mereka juga tidak terdegradasi sebanyak yang mereka takutkan. Beberapa paroki mengambil langkah langsung untuk meningkatkan kesehatan hutan dengan menambahkan dinding batu rendah di sekeliling hutan luar untuk mencegah ternak masuk untuk merumput. Dan itu sedikit membantu, memungkinkan komunitas bibit yang lebih kaya tumbuh.

Menjelang sore, kebaruan kami sebagai pengunjung tampaknya hanya berkurang sebagian. Seorang gembala, masih membawa tongkatnya, membentak kami dengan ponsel flipnya. Cardelús berterima kasih kepada pastor, dan sekali lagi, anak-anak ikut. Seorang bocah lelaki mengeluarkan seruling buatan tangan dan, seperti piper pai, dia membawa kami keluar dari hutan dan kembali melintasi ladang untuk menjerit tawa dari teman-temannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *